Berita & Kegiatan

Temukan Berita serta informasi terbaru pada dunia seputar kampus
Pic

Persiapan Masuk Kuliah Setelah Lulus SMA

  • 19 Jun 2016
  • Dian Sifra, Hot Courses Indonesia

Banyak SMA yang memerlukan dasar-dasar pendidikan umum. Empat tahun mempelajari Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, berbagai jenis matematika, dan subyek-subyek lain yang wajib diambil untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Namun universitas mengharapkan murid-muridnya untuk memenuhi lebih dari ketentuan pembelajaran tingkat SMA untuk mempersiapkan kemampuan mereka untuk menghadapi perkuliahan. Mempersiapkan pikiranmu untuk selalu siap memuliah kuliah sama pentingnya dengan kelas-kelas yang kamu ambil ataupun ekstra kurikuler yang kamu ambil. 

                     

Perbedaan antara Tugas-tugas SMA dan Kuliah

Di SMA, kita menghabiskan sekitar 30 jam per minggu di dalam kelas. Jadwal kita biasanya sudah diatur dari jam 8 sampai jam 3 atau jam 4 sore, dan tiap hari rutinitas yang ada tidak terlalu bervariasi. Para guru akan memberitahu langkah-langkah yang perlu kita ambil dengan persis, dan ketika kita menuruti mereka, kita akan berhasil di kelas tersebut.

Namun menurut studi yang dilakukan oleh McGraw-Hill Education, beberapa mahasiswa/i tidak merasa bahwa pembelajaran yang mereka lakukan di SMA telah benar-benar mempersiapkan mereka untuk pembelajaran di tingkat universitas yang biasanya memiliki standar yang lebih tinggi. Karenanya, kamu bisa juga mempersiapkan diri sendiri, salah satunya dengan mencari tahu apa saja ekspektasi yang akan kamu temui nanti di universitas.

 Jadwal-jadwal perkuliahan berbeda dengan SMA. Tiap-tiap kelas memiliki jadwal sendiri-sendiri, jadi jadwal di hari Senin mungkin sangatlah berbeda dengan di hari Selasa, dan seterusnya. Tiap-tiap murid bertanggung jawab untuk tahu sendiri kapan mereka harus mengumpulkan pe-er dan esai mereka, dan kapan mereka akan menghadapi kuis dan tes.

Dan lagi, di SMA kamu terbiasa duduk di kelas-kelas yang relatif kecil, dan kamu seringkali mendapatkan perhatian dari pengajarmu. Namun di universitas, satu kelas bisa memiliki lebih dari 100 murid, dan mendapatkan perhatian gurumu merupakan tantangan tersendiri.

 Kalau kamu menghadapi kesulitan di kelas tertentu, kamu perlu menemui professor-mu untuk membicarakan soal tutoring atau meminta bantuan untuk memahami mata kuliah tersebut, atau menanyakan strategi untuk meningkatkan performa-mu di dalam kelas. Banyak professor yang memiliki jam kantor saat mereka akan stand by di dalam kantor mereka, setidaknya satu atau dua kali seminggu. Kirimilah beliau email dan buatlah janji untuk menemui beliau. Ini akan menguntungkan kamu di jangka panjang.

 

Mengapa Mempersiapkan Diri untuk Menghadapi Perkuliahan Sangat Penting

Persiapan kuliah lebih dari sekadar kerlas-kelas yang kamu ambil atau ekstra kurikuler yang kamu ikuti. Mempersiapkan pikiranmu untuk perkuliahan juga penting. Esai dan tes-tes yang ada akan lebih sulit di tingkat universitas. Kebiasaan mencatat di dalam kelas akan menjadi sesuatu yang penting dan akan membantumu mempersiapkan diri untuk menghadapi tes. Akan ada lebih banyak bacaan dan tugas-tugas, dan kamu perlu belajar di luar kelas juga karena ini penting untuk kesuksesanmu baik di luar dan di dalam kelas.

 

Dan ini barulah setengah dari perjuangan yang harus kamu jalani.

Selengkapnya
Pic

Memilih Jurusan - 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

  • 31 Mar 2017
  • Hot Course Indonesia

Memilih jurusan bisa saja sangat membingungkan karena banyaknya pilihan. Dan karena ini adalah keputusan yang sangat penting, yang bisa mempengaruhi karir dan hidup di masa depan, haruslah dipertimbangkan dengan baik. Walau demikian, jangan jadikan hal ini sesuatu yang terlalu menekan pikiran Anda. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sewaktu memilih jurusan. Walau mungkin terdengar sepele, cukup penting untuk diingat...

 

Kenali diri sendiri

Penting memilih jurusan yang cocok dengan bakat dan minat. Apakah Anda jago matematika? Seorang pendengar yang baik? Seorang yang kreatif? Kenali diri Anda sendiri dan cari tahu apa yang Anda inginkan terlebih dahulu. Sebaiknya tidak memilih jurusan yang diinginkan oleh orang tua, atau sekedar mengikuti teman.

 

Kualifikasi yang dimiliki

Yang dimaksud dengan kualifikasi adalah keahlian atau prestasi yang pernah dimiliki. Sewaktu mendaftar ke universitas, tentunya panitia pendaftaran akan meminta bukti, baik berupa sertifikat, transkrip nilai atau pencapaian yang telah diperoleh sebelumnya. Misalnya jika ingin mendaftar ke jurusan animated design, biasanya akan diminta portofolio, baik itu berupa karakter yang pernah didesain sebelumnya, komik yang pernah digambar, proyek kreatif yang pernah diikuti, ataupun hanya sekedar sketsa sederhana. Jika ingin mendaftar ke jurusan kedokteran tentunya perlu dasar menghafal dan hitungan yang baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai matematika, biologi, atau fisika yang tinggi, tergantung permintaan program kuliah.

 

Hal ini tidak masalah jika kualifikasi yang diminta telah ada sejak awal. Tetapi bagaimana jika belum? Atau bagaimana jika kualifikasi yang dimiliki belum memenuhi persyaratan yang diminta oleh universitas? Jika mengalami hal ini tidak perlu khawatir. Tidak berarti harus menyerah dan memilih jurusan lain. Sekarang banyak terdapat program persiapan kuliah, yang mempersiapkan pelajar untuk mengikuti perkuliahan gelar dengan baik. Yaitu dengan mengikuti serangkaian mata pelajaran, baik itu Bahasa Inggris, maupun mata pelajaran yang perlu dikuasai sebelum memasuki perkuliahan gelar tertentu. Jadi, dengan program persiapan kuliah ini, pelajar dapat lebih fokus mengasah dan memperdalam ilmu dan keahlian yang benar-benar dibutuhkan untuk sukses dalam jurusan pilihan mereka.

 

Salah satu contohnya adalah Bellerbys College, yang menawarkan pelajar internasional pilihan program terbanyak termasuk GCSE Pathway, A Level, Foundation, dan program-program Sarjana Tahun Pertama, dan bahkan membantu pelajar memilih universitas yang tepat. Mulai dari memberi nasihat tentang pilihan universitas, hingga membantu pelajar menulis personal statement (pernyataan pribadi), maupun membimbing mereka dalam teknik wawancara, semuanya memastikan pelajar menguasai keahlian-keahlian yang dibutuhkan untuk sukses.

 

Prospek kerja

Prospek kerja patut juga dipertimbangkan sebelum memilih jurusan. Sebaiknya mempunyai gambaran, setelah lulus, kira-kira bisa bekerja di bidang apa. Atau akan lebih baik jika telah memiliki cita-cita nantinya ingin berkarir di bidang mana. Jadi bisa memilih jurusan yang menunjang untuk dapat berhasil di bidang yang diminati.

 

Tetapi penting juga untuk diingat, walau ada beberapa jurusan yang lebih diminati perusahaan, akan tetapi tetap saja yang lebih dipentingkan oleh perusahaan sewaktu membaca CV calon karyawan adalah keunggulan mereka, skills (keahlian) serta pengalaman yang dimiliki. Kemudian perusahaan akan menilai kepribadiaan Anda sewaktu wawancara. Jadi, Anda tidak perlu lulus dari jurusan bisnis untuk bekerja di bidang bisnis; Anda hanya perlu memiliki keahlian yang relevan dengan bisnis. Akan tetapi, tentu saja untuk bidang karir yang lebih spesifik, seperti kedokteran, desainer, musik dan sejenisnya memerlukan lulusan dari bidang  yang relevan.

 

Yakin

Jika Anda selalu khawatir dengan pilihan Anda, sebaiknya Anda menenangkan diri sejenak. Yang penting adalah rasa antusias terhadap jurusan yang Anda pilih. Jika Anda mengkhawatirkan akan susah mencari kerja setelah lulus, atau takut tidak bisa mengikuti pelajaran dan lain-lain, berpikirlah seperti ini: setiap jalan itu pasti ada tantangannya, cara terbaik adalah menghadapi dan mengatasi tantangan, kemudian kita akan menjadi semakin baik. Kekhawatiran itu tidak ada akhirnya, dan tidak membantu, jadi yakinlah dengan pilihan Anda

Selengkapnya
Pic

Registrasi Mahasiswa Baru UGM Jalur SBMPTN Dibuka sampai 23 Juni

  • 15 Jun 2017
  • Liputan6.com

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menerima 2.735 mahasiswa baru S1 reguler melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017. Jumlah itu terbagi dalam dua kelompok bidang, yakni bidang Saintek sebanyak 1.931 orang dan kelompok bidang Soshum sebanyak 804 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto mengatakan prodi dengan peminat terbanyak dalam SBMPTN di UGM kali ini untuk Saintek, yaitu Pendidikan Dokter, Farmasi, dan Teknik Sipil. Sedangkan untuk Soshum, meliputi Ilmu Hukum, Psikologi dan Manajemen.

"Untuk Saintek peminat terbanyak Pendidikan Dokter dan bidang Soshum Ilmu Hukum," kata dia, melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Selasa, 13 Juni 2017, dilansir Antara.

Di Yogyakarta, pelaksanaan SBMPTN 2017 yang digelar serentak pada Selasa, 16 Mei 2017, yang diikuti lima PTN, yaitu UGM, UNY, UPN Veteran Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga dan ISI di bawah koordinasi Panitia Lokal 46 Yogyakarta.

Iwan menyebutkan dari total peserta ujian SBMPTN di Yogyakarta sebanyak 40.894 orang, 39.305 orang di antaranya mengikuti Paper Based Testing (PBT) dan 1.590 yang mengikuti Computer Based Testing (CBT). Informasi lengkap mengenai SBMPTN 2017 ini, kata dia, bisa diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

Bagi para mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui jalur SBMPTN, menurut dia, diwajibkan melakukan registrasi dan mengunggah dokumen melalui laman um.ugm.ac.id/admisi mulai 15 Juni 2017 pukul 17.00 WIB sampai 23 Juni 2017 pukul 16.00 WIB.

"Jika hingga 23 Juni pukul 16.00 WIB calon mahasiswa tidak mengisi biodata dan mengunggah dokumen yang disyaratkan, maka dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa," kata dia.

Iwan menambahkan selain SBMPTN, UGM juga masih membuka pendaftaran untuk ujian tulis gelombang kedua. Hal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK Tahun 2017, 2016, dan 2015 untuk mengikuti seleksi dengan memilih dua program studi pada Program Diploma Sekolah Vokasi.

Pembukaan pendaftaran secara online ujian tulis gelombang dua akan dimulai pada 14 Juni-4 Juli 2017. Tes tertulis 8 Juli 2017 dan pengumumannya pada 14 Juli 2017.

Selengkapnya
Pic

asasas

  • 30 Mar 2018
  • dasdsad

dasdasd

Selengkapnya